Lisensi Pihak Pertama

Saya selaku pemilik situs web memohon jalinan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak, yaitu pihak yang memberi informasi dan pihak yang menerima informasi.

Tabel Konten
  1. Penggunaan Ulang Desain Web 
  2. Penggunaan Ulang Konten Web 
  3. Penggunaan Ulang Produk Web 

Di sini Saya memisahkan antara desain, konten dan produk sebagai tiga bagian yang berbeda, dan oleh karena itu masing-masing akan memperoleh perlakuan yang berbeda pula. Lisensi terbagi menjadi tiga bagian yaitu lisensi penggunaan ulang desain web ini untuk diri sendiri dan orang lain, lisensi penggunaan ulang artikel untuk diterbitkan di situs web sendiri dan orang lain, dan lisensi penggunaan produk-produk perangkat lunak yang Saya kembangkan untuk digunakan di perangkat lunak yang lain.

Penggunaan Ulang Desain Web 

Tamu tidak diperbolehkan untuk menyalin keseluruhan desain web ini untuk diterapkan ke situs web yang lain, baik itu situs web milik sendiri maupun situs web milik orang lain, dengan alasan apapun, termasuk di dalamnya adalah alasan-alasan seperti: untuk membantu melaksanakan dokumentasi, membantu mencadangkan data situs web ini, dengan dalih untuk berjaga-jaga agar apabila suatu saat nanti situs web ini diretas atau hilang dari dunia maya, maka Saya bisa memperoleh data salinannya kembali dari situs web kalian. Terima kasih, tapi Saya sudah bisa melakukan semua itu sendiri.

Tamu diperbolehkan untuk melihat-lihat kode sumber dan mengimplementasikan beberapa bagian dari situs web ini untuk diri sendiri dan orang lain sebagai bentuk keberhasilan dari proses mempelajari sesuatu dari orang lain (dari pengembang situs web ini), seperti melihat-lihat kode sumber untuk meniru desain menu, meniru desain tombol, meniru kombinasi warna dan model huruf, dan lain sebagainya.

Harapannya, suatu saat nanti pelaku (tamu) mampu membentuk karakternya sendiri setelah melalui berbagai macam proses meniru dan terinspirasi dari orang lain yang mereka anggap pantas untuk diikuti. Saya sudah melalui berbagai proses tersebut, dan hari ini mungkin dapat menjadi titik awal dari penemuan jati diri kalian untuk membentuk pribadi yang lebih baik.

Penggunaan Ulang Konten Web 

Konten web yang Saya maksudkan di sini adalah artikel dan komentar-komentar yang menyertai artikel tersebut. Izin penggunaan ulang konten artikel sangat mudah dan bebas dari biaya apapun. Saya hanya meminta kalian untuk mencantumkan tautan kembali menuju artikel sumber. Atau, jika memang tidak memungkinkan, dengan alasan apapun, termasuk di dalamnya adalah alasan-alasan seperti: karena situs web kalian memiliki trafik yang lebih tinggi dibandingkan dengan situs web Saya, maka setidaknya cantumkanlah nama penulis asli dari artikel tersebut, atau cukup cantumkan tautan artikel sumber sebagai teks biasa yang tidak bisa diklik, namun bisa disalin dan ditempelkan oleh pengguna secara manual.

Menyalin konten begitu saja tanpa memberikan jejak menuju sumbernya Saya anggap sebagai praktik manipulasi dan penipuan yang tidak hanya akan merugikan Saya tetapi juga akan merugikan para pembaca konten-konten di situs web pelaku. Selama masih ada hal-hal yang disembunyikan, aktivitas-aktivitas semacam ini sangat jelas mengindikasikan bahwa terdapat usaha-usaha tertentu untuk membawa para pembaca menuju satu kesimpulan bahwa ketika mereka membaca, maka mereka sedang membaca artikel dan konten yang murni dibuat oleh si pelaku, padahal sebenarnya bukan.

Artikel bersponsor dan komentar-komentar yang dibuat oleh para pembaca tidak terpengaruh dengan aturan-aturan tersebut di atas. Silakan meminta izin kepada masing-masing penulis dan pembayar terkait hal-hal yang akan kalian lakukan pada konten-konten mereka. Khusus konten berupa komentar dan opini yang biasanya muncul di bawah artikel, seharusnya dengan memberikan atribusi saja sudah cukup.

Penggunaan Ulang Produk Web 

Sebagian besar produk perangkat lunak yang Saya kembangkan di sini berada di bawah lisensi MIT dan GPL. Secara umum, lisensi MIT memperbolehkan pengguna untuk menyalin, memodifikasi, mendistribusikan, dan menggunakan kode sumber untuk memperoleh keuntungan secara finansial, dengan syarat pengembang harus tetap mempertahankan keterangan lisensi asli dari perangkat lunak tersebut. Sedangkan lisensi GPL secara umum berpusat pada perlindungan kode sumber terbuka dengan cara membatasi keleluasaan para pengembang lain dalam menentukan lisensi produk yang baru. Penggunaan untuk keperluan yang bersifat komersial diperbolehkan, namun tidak diperbolehkan untuk membuat perangkat lunak turunan (hasil modifikasi) dari perangkat lunak sumber di bawah lisensi GPL, jika perangkat lunak hasil modifikasi tersebut berada di bawah lisensi selain GPL.

Akan tetapi, dalam banyak kasus Saya lebih cenderung menerapkan konsep “bagi hasil” kepada kode-kode perangkat lunak yang telah Saya kembangkan. Sejak tahun 2020, Saya memperbolehkan para pengembang untuk menggunakan perangkat-perangkat lunak yang ada secara gratis untuk digunakan sendiri, baik untuk kepentingan komersial (misalnya untuk membuat toko daring milik sendiri) maupun untuk kepentingan non-komersial (misalnya untuk membuat tema-tema yang bersifat gratis, dan membuat artikel-artikel tutorial gratis untuk menjaring trafik terkait dengan tata cara menggunakan perangkat lunak tersebut).

Saya juga memperbolehkan para pengembang untuk menggunakan perangkat-perangkat lunak yang ada sebagai bahan tambahan untuk memenuhi tuntutan klien yang membayar.

Sebagai contoh, seorang klien menginginkan pembuat tema Blogger untuk menambahkan fitur “artikel yang berkaitan” pada blog mereka. Kemudian si pembuat tema memutuskan untuk menggunakan skrip “artikel yang berkaitan” yang telah Saya kembangkan di sini. Maka pada situasi yang seperti itu, Saya memohon kepada pihak si pembuat yang dibayar untuk memberikan dukungan finansial dalam jumlah berapa saja, yang dapat si pembuat berikan dengan suasana hati yang lapang, melalui akun PayPal Saya atau melalui rekening bank yang telah Saya cantumkan di halaman ini.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk “bagi hasil” atas keuntungan yang telah si pembuat peroleh melalui kode-kode yang Saya berikan secara cuma-cuma, yaitu keuntungan dalam bentuk kemudahan, percepatan waktu pengerjaan proyek dan penurunan biaya produksi.


Berikutnya: Lisensi Pihak ke Tiga