Bantu Saya Menjawab Pertanyaan

Tabel Konten
  1. Dasar Menulis Komentar 
  2. Etika 
  3. Menyertakan Tautan Bermanfaat 
  4. Pertanyaan di Luar Topik 
  5. Sukarela 
  • Pertanyaan Tak Terjawab 
  • Selama ini Saya pikir Saya merasa sudah bisa menanggung beban pertanyaan dari artikel-artikel yang Saya tulis sendiri. Tapi hingga sekarang, sepertinya pertanyaan-pertanyaan yang masuk mulai bertambah banyak. Saya ini bukanlah seseorang hebat seperti yang kalian kira yang dapat menjawab semua pertanyaan dan permintaan. Saya adalah manusia biasa yang juga bisa merasa bingung saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan kalian yang luar biasa inovatif. Di satu sisi Saya menyukai pertanyaan-pertanyaan seperti itu, karena tanpa kalian sadari semua itu telah menumbuhkan berbagai ide baru yang tidak lazim, namun memiliki kesempatan besar untuk diwujudkan. Masalahnya Saya tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang masuk. Mau bergabung?

    Saya mengizinkan kalian para pembaca yang memiliki kemampuan (atau bahkan hanya sekedar memiliki keinginan mengasah kemampuan diri) untuk ikut menjawab pertanyaan-pertanyaan di sini atau sekedar ikut memberi saran dan berdiskusi. Jangan berpikir terlalu rumit. Anggaplah blog ini sebagai semacam forum atau grup dengan diskusi/pertanyaan yang dipicu berdasarkan posting di atasnya. Namun, sebelum memulai diskusi lebih baik baca dulu mengenai tata cara menulis komentar di sini.

    Dasar Menulis Komentar 

    Berikut ini adalah beberapa manipulasi umum yang Saya terapkan di blog ini:

    Manipulasi Area Komentar Blogger
    Dasar-Dasar Manipulasi Komentar di Blog Ini
    • Memasukkan teks ke dalam <i rel="code"> akan membuat teks berubah menjadi kode yang bisa digunakan sebagai kata kunci penelusuran artikel di blog ini.
    • Memasukkan kode ke dalam <i rel="pre"> akan membuatnya dikelilingi oleh elemen <pre>. Khusus blok kode ini lebih baik digunakan untuk kode-kode panjang yang telah keluar dari garis kalimat.
    • Memasukkan teks ke dalam <b rel="quote"> akan membuatnya dikelilingi oleh elemen <blockquote>.
    • Memasukkan URL ke dalam [img] akan mengubah URL menjadi gambar. Jadi gunakanlah URL gambar. (Disarankan untuk mengunggah gambar ke fasilitas unggah gambar posting blogspot karena JavaScript akan mengubah resolusinya menjadi lebih kecil secara otomatis untuk alasan kecepatan proses muat halaman).

    Penting! Mohon gunakan setiap kode sesuai dengan fungsinya. <i rel="code"> dan <i rel="pre"> hanya boleh digunakan untuk menulis kode. <b rel="quote"> hanya boleh digunakan untuk menuliskan kuota (kata-kata penting) atau untuk menyalin pertanyaan komentator di atasnya sebagai bahan penegas jawaban. Menuliskan komentar biasa dan mengelilinginya dengan kode-kode manipulasi di atas tidak diperbolehkan, karena biasanya ini hanya digunakan para penulis komentar untuk membuat mereka tampak mencolok dan lebih unggul dari yang lain (harapan kunjungan balik atau semacamnya).

    Jika Anda masih merasa ragu dengan cara kerjanya, berikut ini Saya sudah membuat alat sederhana sebagai bahan belajar untuk menulis komentar dengan benar di sini:

    Editor Komentar Virtual

    Etika 

    Saya tahu bahwa keputusan Saya ini kemungkinan besar akan memicu masuknya berbagai komentar/obrolan tidak penting ke dalam artikel, jadi bersikaplah seperti biasanya. Gaya bahasa tidak terlalu penting, yang penting pesan bisa tersampaikan dengan baik. Menyisipkan URL/tautan bermanfaat dari luar diperbolehkan namun terbatas dalam catatan.

    Menyertakan Tautan Bermanfaat 

    Mungkin Anda memiliki tutorial/info terkait yang pernah Anda tulis atau Anda pernah menemukan sebuah artikel (baik di blog ini maupun di blog luar) yang kebetulan bermanfaat sebagai tambahan atau bisa menjawab pertanyaan dari salah seorang komentator yang sedang Anda balas. Anda boleh memasukkan URL artikel tersebut di sini, dalam bentuk URL mati atau dengan cara memasukkannya ke dalam braket [url] dengan format seperti ini:

    [url=http://nama_situs.com]Teks Tautan[/url]

    Pertanyaan di Luar Topik 

    Pertanyaan di luar topik diperbolehkan, namun akan ada hal tidak menyenangkan yang mungkin terjadi, yaitu biasanya Saya akan membiarkannya dan tidak menjawabnya, sampai waktu dirasa sudah sesuai untuk membahasnya maka Saya akan menggantikannya dengan sebuah artikel yang terkait dengan pertanyaan tersebut. Setelah artikel diterbitkan, Saya akan menghapus komentar di luar topik tesebut.

    Oleh karena itu, sebelum mencoba untuk menuliskan komentar/pertanyaan di luar topik, lebih baik telusuri dulu topik yang ingin Anda coba ulas/tanyakan di sini (di sini tidak ada istilah "posting lama". Semua posting masih bisa diberi tambahan komentar baru tanpa perlu khawatir bahwa komentar tersebut tidak akan terlihat. Widget notifikasi akan membantu kami untuk menemukan komentar yang Anda tuliskan dengan cepat.

    Yang dimaksud dengan pertanyaan di luar topik adalah pertanyaan yang benar-benar keluar dari jalur/tema artikel. Pertanyaan, saran atau komentar yang tidak berada dalam jalur pemikiran artikel namun dipicu berdasarkan artikel di atasnya bisa dijadikan sebagai bahan diskusi lanjutan. Biasanya ini berhubungan dengan ide-ide cemerlang yang jarang tersampaikan. Saya tidak akan menghapusnya.

    Sukarela 

    Saya tidak bisa memberikan apa-apa mengenai ketersediaan kalian dalam berdiskusi atau “ikut mengobrol” di sini. Yang bisa Saya lakukan hanya memberikan sarana untuk menunjukkan kemampuan atau mengeluarkan pendapat. Jika kalian tidak bersedia, kalian masih tetap bisa membaca semua artikel di blog ini tanpa harus ikut menyumbangkan pemikiran (ini hanyalah situs blogspot, jadi jangan terlalu dianggap serius).

    Walau bagaimanapun juga, Saya hanya merasa memiliki keterbatasan soal ini dan bukan hal yang tidak mungkin jika pertanyaan-pertanyaan yang masuk suatu saat nanti akan terbengkalai karena Saya melakukan semua ini sendirian. Dan pada saat itu tiba, mungkin Anda bisa melihat Saya sedang berpose pura-pura mati dengan cara yang sangat bergaya seperti ini:

    In-De-Hoy
    Selamat Berdiskusi

    Pertanyaan Tak Terjawab 

    Beberapa pertanyaan mungkin sempat tidak terjawab karena terindikasi sebagai pertanyaan yang tidak sesuai/tidak penting dan tidak bermanfaat untuk orang banyak (terlalu lokal). Pertanyaan basa-basi atau terlalu jauh dari topik kemungkinan besar akan diabaikan. Jika suatu saat pertanyaan Anda diketahui tidak terjawab, mohon anggap itu sebagai kelalaian Saya/kami dalam meneliti komentar-komentar yang masuk, atau anggap saja pertanyaan tersebut tidak terjawab karena Saya sedang sibuk dan sedang tidak sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

    Lebih baik gunakan ruang komentar untuk mengungkapkan pendapat pribadi, memberitahukan kesalahan teori, kesalahan ketik atau sekedar memberikan saran dan kritik dalam artikel yang Saya tulis.

    38 Komentar

    • Unknown

      @Taufik Nurrohman Jawab pertanyaanQ donk bang

    • Taufik Nurrohman

    • Unknown

      @Taufik Nurrohman bhs inggris bang Maaf klu bhs inggris aku gak bisa meskipun ada terjemahan aku gak paham kata2nya yang semrawut

    • Andro Bhaskara

      hehehehehe... saya baru bisa nimba ilmu di sini kang.. belum bisa membantu menjawab pertanyaan... jika nanti saya banyak tanya, jangan pura-pura mati ya Kang.. wkwkwkwkwkwk

    • Beben Koben

      Ngejawab pertanyaan di blog sendiri aja keteteran..wkwkkwkwk, apalagi suruh bantu jawab di blog lain :D (pisss just joked)
      Hear it...
      Memang kebanyakan bertanya tidak pada tempatnya sama saja seperti buang sampah di jalanan, padahal ada tempatnya.

      Mungkin dianggap segelintir orang dalam menjawab pertanyaan yg diajukan itu tidak membutuhkan proses (semudah dia melontarkan pertanyaan!)

      Kembali lagi pada kedewasaan kita bersikap. Masa usia sudah tuek, perilaku masih kayak anak TeKa!

      Kalo masalah membantu menjawab persoalan, saya mah sedikit kurang pede. Masalahnya saya jalur pendidikan nonformal (otodidak men) Dan saya bukan seorang pemerhati serius dalam dunia blog (bahasa HTML)
      Saya tes jalan, udah deh gitu cara jawabnya :p

      Be grow up dude :Q

    • Beben Koben

      @system of blog Ada sesuatu yg bisa dijelaskan dengan kata2 secara gamblang, ada sesuatu yg bisa kita jelaskan namun belum tentu orang dikasih penjelasan bisa paham.
      Ini banyak terjadi Master System Of Blog
      Singkat cerita...Rileks, pelajari sesuai ilmu & kemampuan, toh tidak semua orang harus bisa segala mau/bisa/sama/ dgn apa yg dimiliki seseorang.
      Master of Blog pasti bisa kok kalo berusaha, sok geura cobaan usaha, pasti bica dech...

      Kabuuuuuuurrrrrrrrr

    • Unknown

      Saya akan membantu mas sebisa dan semampu saya untuk menjawab pertanyaan dan yang sesuai dengan kemampua saya. maaf kalau kadang saya juga malah buat mas taufik semakin sibuk dengan pertanyaan-pertanyaan mungkin lebih baik kita berdiskusi saja. jangan pernah terbujur kaku seolah-oleh kita tidak peduli dan tidak mendengar hingga menutup mata dengan bunyi-bunyi tulang yang patah dan geretakan gigi disekitar kita Tetap semangat mas taufik heppy blogging... :D

    • Yusril Ibnu Maulana

      wkwkw, akang sampai kewalahan menjawab komentar disini... , kalau di blog saya sepi.... ~x( , keren blognya... banyak ilmunya yg bermanfaat.., btw apakah DTE ini punya forum untuk diskusi juga ??, kalau gak kenapa gk buat ??

      • Taufik Nurrohman

        Justru kalau Saya memutuskan membuat forum malah akan jadi tambah lagi bebannya. Tambah kewalahan lagi. Sekarang sedang ingin fokus ke cari penghasilan dulu dari blog, supaya walah-walahnya agak mendingan (cuma sedang ingin) =(

    • budkalon

      Kang Taufik, boleh kan, editor komentarnya saya pakai?
      Tapi sudah saya modifikasi lagi dengan tamahan memasukan video, dan tag lainnya, serta cssnya pun telah saya ganti seluruhnya :D

      Ada di sini: http://halaman-demo.googlecode.com/svn/trunk/html/komentar-virtual.html

      • Taufik Nurrohman

        :yaya: :yaya:

        • budkalon

          HORE!!!!!!!!!!!!! Terima kasih!!!! Saya juga menyertakan sumbernya kok :D :D :D

    • dhanyn10

      Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    • Unknown

      Mas saya punya web kalo dilihat versi desktop normal tapi kalo versi tablet kok jadi ngaco .. apakah disebabkan karena pengaruh coding-nya ya ? Sayangnya ga bisa ngasih url-nya ya ? :\

    • Unknown

      Mas, saya mau nanya tentang setingan default ketika kita ingin memposting tulisan baru. Punya saya setingan default yang untuk Reader Comments nya adalah "don't Allow" seperti pada gambar di atas. Saya mau mengubahnya menjadi "allow", mas tau caranya gak?

      Soalnya, ini berpengaruh banget kalau pengen posting tulisan lewat HP, tetapi setingan itu tidak bisa disentuh sama sekali sama browser HP yang saya miliki. Kalau lewat PC sih, masih bisa diubah sebelum memencet 'publish', atau bisa juga diposting lewat HP, dan mengubah setingan itu ketika sedang online di PC. Jadinya, ribet banget menurutku :'(. Jadi, saya pengen sekali mengubah setingan itu menjadi "allow", tapi gak tahu caranya. Udah bertanya pada google, tetapi kayanya belum ada yang saya temukan yang mengalami nasib yang sama. Jadi, saya masuk ke DTE ini dan barangkali mas punya solusinya? :)

      terima kasih sebelumnya mas, maaf merepotkan... :)

      • Taufik Nurrohman

        Kalau pengaturan default posting tetap tidak mengizinkan komentar baru untuk masuk, berarti masalahnya ada di pengaturan komentar secara keseluruhan. Ada di halaman Pengaturan » Posting dan Komentar

    • Unknown

      I like this blog, thank you!

    • Unknown

      Oke Mas :-bd sayac akan coba mematuhi peraturan di website ini :D

    • Unknown

      Kang taufik Bisa ada cara bikin virtual kayak agan editor komentar virtual ?
      Tapi Virtual nyaa saya buat sendiri .. soalnya buat video saya kang taufik
      click ini

    • Unknown

      Mas taufik maaf sebelumnya saya memakai virtualnya agan!
      tapi mau minta izin terlebh dahulu udah memakai Virtualnya

      namun saya pake virtualnya buat Auto Put video LIHAT DISINI

    • Unknown

      maaf out of topic, mas saya mau tanya, kenapa ya pengaturan jumlah posting saya pada homepage tidak berfungsi ,

      mohon pencerahannya mas

    • Alpha Dian Tamalanrea

      selain jenius, DTE juga punya skill berbahasa dengan sangat baik ya \o/ \o/ \o/

      • Asyaf Syaffar

        bukan cuma bahasa manusia aja dia bisa
        tapi bahasa mesin pencari juga tahu dia \o/

    • Rio Ilham Hadi

      Wah saya terinspirasi sama halaman ini, jadi saya copy sebagiannya dan saya masukan ke dalam halaman di blog saya

    • Asyaf Syaffar

      kang itu JQuery yang ada nomornya pake syntax prism atau bukan pada halaman cara membuat quick search
      mohon dijawab kang
      terima kasih

      • Taufik Nurrohman

        Hah?

        Kalau yang mas tanyakan adalah code syntax highlighter di blog ini, Saya ngambilnya dari highlightjs.org, terus Saya modifikasi pakai metode ini.

        • Asyaf Syaffar

          aduh nyerah dah semua tutorialnya pake bahasa inggris :P
          mendingan langsung pakai syntax prism yang udah ada tutorialnya

    • Unknown

      mas taufik saya mau bertanya, gmn caranya membuat ukuran elemen berubah saat di scroll ? posisi element fixed. misal saya punya header ukuran 30 position fixed dengan padding 0 10px. saat di scroll paddingnya saya hilangkan menjadi 0. makasih mas atas jawabannya :D. soalnya saya agak sulit klo ini menggunakan jquery. sudah cari di mbah google gk dpt =p*

      • Taufik Nurrohman

        (function($) {
        var $window = $(window),
        $nav = $('#menu'),
        offset = $nav.offset().top;
        $window.on("scroll", function() {
        if (offset < $(this).scrollTop()) {
        $nav.addClass('fixed');
        } else {
        $nav.removeClass('fixed');
        }
        });
        })(jQuery);
        <nav id="menu"> … </nav>
        #menu {
        position:absolute;
        padding:50px;
        transition:padding .5s ease-out;
        }
        #menu.fixed {
        position:fixed;
        top:0;
        padding:10px;
        }

        Demo: http://jsfiddle.net/tovic/2jqCA/204
        Terkait: /2012/05/sticky-nav.html

    • Unknown

      weleh di liat liat ternyata tinggal nambah #menu.fixed ya mas taufik :yaya: .

      makasih banyak ya mas :-bd

    • Unknown

      mas tolong buatin donk Tutorial Effect Nav Tentangnya DTE

    Komentar telah ditutup.