Mecha versi 2.6.3 sudah dirilis!

CSS Position

Tabel Konten
  1. Perkenalan 
    1. Static 
    2. Relative 
    3. Absolute 
    4. Fixed 
  2. Respon Peramban 

Perkenalan 

Pernahkah kalian melihat elemen yang tampak saling bertumpukan, melayang, atau tampak keluar dari garis batas? Itu semua dibuat menggunakan CSS Position. Ada empat posisi elemen dalam CSS: Static, Relative, Absolute dan Fixed. Selain deklarasi posisi, terdapat pula beberapa properti yang biasanya dituliskan bersama dengan deklarasi posisi seperti top, right, bottom, left dan z-index.

top, right, bottom dan left adalah koordinat posisi. Saat kita menambahkan nilai koordinat pada posisi yang sesungguhnya, maka elemen akan bergeser sesuai dengan besar nilai koordinat.

top, right, bottom dan left berbeda dengan margin-top, margin-right, margin-bottom dan margin-left. Nilai margin difokuskan kepada jarak elemen terhadap elemen lainnya, sedangkan nilai koordinat lebih difokuskan kepada offset posisi elemen dari tempat asalnya.

z-index adalah urutan tumpukan. Saat kita mendeklarasikan position:absolute, maka kemungkinan yang terjadi adalah elemen akan bertumpuk di sebelah atas elemen atau di bawah elemen. Jika yang terjadi adalah yang ke dua, maka untuk mengangkatnya, kita harus mendeklarasikan z-index dengan nilai yang lebih besar dari 1.

Static 

Ini adalah posisi sebenarnya. Mendeklarasikan position:static sama saja dengan tidak mendeklarasikan CSS Posisi.

Relative 

Mendeklarasikan position:relative pada elemen secara kasat mata tidak akan mengubah apapun, namun kita bisa menerapkan koordinat posisi dan urutan tumpukan pada tipe posisi ini.

Absolute 

Mendeklarasikan position:absolute pada elemen akan benar-benar memutuskan aliran elemen dari tempat asalnya dan membuat elemen bertumpuk dengan elemen lainnya.

Fixed 

Mendeklarasikan position:fixed pada elemen akan benar-benar memutuskan aliran elemen dari tempat asalnya dan membuat elemen bertumpuk dengan elemen lain. Kelebihan penerapan posisi ini adalah akan membuat elemen tampak melayang dan tidak terpengaruh gerakan scroll bar.

Respon Peramban 

Harap perhatikan juga bahwa respon peramban terhadap penerapan koordinat posisi relative pada elemen akan berbeda dengan posisi absolute dan fixed. Mendeklarasikan koordinat pada posisi relative akan menggeser elemen berdasarkan posisi asalnya, berbeda dengan posisi absolute dan fixed yang akan dipindahkan posisinya berdasarkan koordinat layar peramban. Seperti ini:

CSS Position
Respon posisi elemen terhadap layar peramban.
Contoh Deklarasi RelativeContoh Deklarasi AbsoluteContoh Deklarasi Fixed
#area-1 {
  position:relative;
  top:10px;
  left:20px;
  z-index:10;
}
#area-1 {
  position:absolute;
  top:10px;
  left:20px;
  z-index:10;
}
#area-1 {
  position:fixed;
  top:10px;
  left:20px;
  z-index:10;
}

Lihat Demo

18 Komentar

Unknown

wah aku suka nih makin banyak belajar css disini makasih infox gan

Unknown

Kerja bagus teman

Dixy

kalau fluid ...??

GlamFather

Wow..
trimakasih tutorialnya bos...
manffat sekali...
salam.. :)

Unknown

Saya punya problem dengan men melayang, menunya itu tertutup dengan code Posisi:relative.. objek yang laiinnya.. cara mengatasinya gimana ych mas..

Taufik Nurrohman

Perbesar nilai z-index di CSS. Semakin besar semakin bagus, tapi jangan terlalu besar.

Unknown

Master Bisa Bantu Saya ...

Ini Kenapa Ya.. ??? Ada Titik Titik Hitam.. Cara ngatasinya Gimana..???

Unknown

Bisa Bantu Ga Master

IRIL SAGITA

Sekedar bantu, yang aku tau titik-titik adalah elemen yang terdapat pada UL atau LI, biasanya ada pada menu blog jika di buka dari pengeditan tata letak blogger tampilan menu menjadi titik-titik.

Semoga penjelasanku bisa dipahami.

Unknown

Aku pernah kejadian seperti itu. Malah posisi elemen gadgetnya pada berantakan semua. tetapi sejak aku ganti template, udah ilang tuh titik-titik.

budkalon

Asalkan tamplan blog gak acak-acakan, diemin aja, daripada diotak-atik nantinya malah rusak blognya.

Komentar telah ditutup.