Mecha versi 2.6.3 sudah dirilis!

Cara Menggunakan CMS Mecha

Halaman awal.

Dalam buku ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menginstal SMK Mecha pada peladen web baik secara luring maupun daring. Namun di sini penulis tidak akan menjelaskan secara panjang lebar mengenai apa itu peladen web (web server) dan bagaimana cara kerjanya. Dengan membaca buku ini, penulis menganggap Anda sudah mengerti hal-hal tersebut. Minimal Anda sudah mengetahui fungsi dari folder www dan di mana Anda dapat menemukan folder tersebut.

Tautan ⇢

11 Komentar

Kia Meliala

sudah mulai aktif lagi nih ngeblog nya 😃

Taufik Nurrohman

Sebenarnya ingin menulis lebih banyak posting lagi terutama yang berhubungan dengan informasi seputar fitur-fitur baru di dunia web semacam variabel CSS atau API JavaScript tapi Saya khawatir nanti posting-posting di blog ini jadi tidak terorganisir (karena di tempat lain pasti juga sudah ada yang membahas, dengan cara yang lebih baik pula). Mungkin lain kali.

Kia Meliala

tidak ada salahnya juga mas, sekalian naikkan pendapatan adsense nya 😄

Unknown

Mantap mas, dokumentasinya sudah selesai.
Saya sudah pakai untuk coret-coretan di blog catatan pribadi saya saat v1 dulu hehe terus pindah ke blogger lalu ke wordpress sekarang mecha dipakai di blog saya yg lainnya, enak ringan banget gampang dipakai..

Nah mas, saya punya blog lain juga yang pakai wordpress, ada rencana mau migrasi ke mecha cms, untuk migrasi harus manual satu-satu atau ada cara lain ya mas? kebetulan kontennya lumayan banyak mas.

Taufik Nurrohman

Kalau di WordPress ada API atau plugin khusus yang bertugas untuk mempermudah dalam memanggil data dari database, sebenarnya simpel saja si mas. Mas cukup mengambil data judul, deskripsi, konten, nama penulis dan waktu untuk dituliskan ke dalam berkas halaman seperti ini:

---
title: Page Title
description: Page description.
author: Taufik Nurrohman
type: HTML
...
<p>Page content.</p>

Sedangkan untuk tempat penyimpanan berkas halaman mungkin bisa memanfaatkan data URL halaman untuk membantu membuat folder tahunan secara otomatis.

Taufik Nurrohman

Beberapa hari yang lalu repositori tersebut Saya hapus karena sudah nggak kuat lagi buat ngurus pembuatan buku, pembaruan dokumentasi di web dan pembaruan di sisi perangkat lunak sekaligus. Sebenarnya Saya butuh sukarelawan untuk menulis buku ini tapi belum dapat.

Jejaknya masih ada di GitLab, tapi Saya nggak yakin ini akan bertahan lama → https://gitlab.com/mecha-cms/book

Unknown

Maaf bang mau nanya, cara menggunakan mecha ini di github gimana bang 😁

Unknown

Ok. Terima kasih..






Semua kode HTML akan dihapus kecuali kode-kode HTML yang dituliskan sebagai contoh. Gunakan sintaks Markdown untuk memberi gaya pada komentar.


Batal Masuk Log