Memasukkan Kode HTML dalam Posting

Suatu saat mungkin kamu ingin berbagi kode, informasi atau tutorial dan ingin menerbitkannya dalam posting untuk dipamerkan. Namun ketika kamu meletakkan kode di dalam posting, kode-kode tersebut malah menjadi tidak terlihat, rusak, muncul pesan error pada editor posting atau bahkan menghilang sama sekali. Hal ini terjadi karena ketika sebuah kode (khususnya tag) diletakkan di dalam posting, kode-kode tersebut tidak akan diterjemahkan browser sebagai teks biasa, melainkan akan diterjemahkan sebagai sistem. Nah untuk mengatasi masalah itu, umumnya seorang penulis dunia maya akan memanfaatkan baris-baris karakter khusus seperti ini agar browser tidak menerjemahkannya sebagai sistem, melainkan sebagai simbol:

KodeHasil Tampilan
&lt;<
&gt;>
&#39;'
&quot;"
&amp;&
&hearts;
&raquo;»
&laquo;«

dan lain sebagainya...

Nah, untuk memasukkan kode HTML ke dalam posting, gunakan kode-kode pengganti tersebut untuk menciptakan simbol-simbol seperti <, > dan sebagainya yang tidak bisa diterjemahkan peramban sebagai “huruf”. Contohnya begini:

&lt;a href=&#39;http://latitudu.blogspot.com&#39;&gt;TAUTAN&lt;/a&gt;

Kode-kode tersebut nantinya akan berubah menjadi simbol pada saat posting diterbitkan. Itu terjadi karena secara teknis kita memang tidak pernah menggunakan karakter < dan > dalam naskahnya, sehingga peramban tidak akan menerjemahkannya menjadi “sistem”.

Satu cara yang paling praktis untuk mengubah simbol-simbol HTML adalah dengan menggunakan konverter HTML. Cara kerjanya sama persis dengan sistem Find and Replace dalam komputermu.

Coba masuk ke halaman ini ⇒ Konverter HTML

Konverter HTML

Cara menggunakannya cukup dengan menulis atau menempelkan kode HTML, lalu tekan Konversi.

Salin hasil konversinya lalu masukkan ke dalam editor posting. Terserah mau diletakkan pada mode HTML atau mode Tulis, hasil akhirnya nanti akan sama saja.

Tampilan kode di dalam postingmu sekarang memang menjadi tampak sangat berantakan, tapi coba sekarang kamu klik Pratinjau.

Pratinjau

Bagaimana?

3 Komentar

  • Admin

    langsung aja modus html :)

  • Unknown

    langsung aj dparse :D

    mau jawab pertanyaan anda pada postingan Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia itu hanya sebagai trik doank sob, banyak org yg mengikuti konres dengan mempromosikan suatu barang contoh: skrg lagi marak2ny kontes SEO "mobil keluarga berencana" dan gk haruskan si penulis blog harus beli tu mobil.

  • Taufik Nurrohman

    Oke, Saya ngerti.

Komentar telah ditutup.